• Dok, saya keguguran tanggal 12 agustus kemarin dan tanpa di kuret setelah di usg dan dinyatakan bersih, pendarahan pun hanya keluar 4 harian. kira2 seminggu kemudian kluar flek tapi tidak ada keluhan sakit atau apapun, minggu kmrin sya coba tp tp hasil’y negatif . Yang ingin sya tanyakan dok, sampai saat ini sya blm dpt haid lagi dan max brp lma ya smpe dpt haid lg stlh kguguran itu?

    terimkasih dok..

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Pada saat mengalami keguguran, ada yang seluruh hasil konsepsi dan jaringan lainnya keluar secara keseluruhan tanpa meninggalkan sisa pada rahim ibu, namun ada juga yang hasil konsepsi baru sebagian keluar dari rahim sehingga perlu penanganan dari dokter guna membersihkan jaringan yang mengalami abortus baik dilakukan dengan obat – obatan atau tindakan kuretase.

    Pada kasus anda dimana hasil konsepsi telah keluar sepenuhnya tanpa menggunakan obat ataupun kuret serta telah diperiksa dengan USG dan dinyatakan tidak ada lagi hasil konsepsi yang tertinggal di dalam rahim maka biasanya perdarahan akan berhangsung menghilang hingga bersih total. Pertanyaannya adalah berapa lama wanita akan mengalami haid kembali pasca keguguran? Sebenarnya pertanyaan ini tidak dapat diketahui dengan pasti. Namun sebagian besar, wanita akan kembali mengalami haid 4 hingga 12 minggu pasca keguguran. Waktunya bisa berbeda baik lebih cepat atau lambat dari rentang waktu tersebut tergantung dari beberapa hal misalnya:

    1.       Kadar hormon kehamilan yang masih tersisa

    2.       Faktor psikosomatis ibu pasca keguguran.

    3.       Keadaan lain yang mempengaruhi menstruasi baik karena penyakit atau kehamilan.

    Jika lebih dari rentang waktu tersebut anda belum juga mendapatkan haid ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Baik, terimakasih dok…

Beranda Tanya Dokter Belum Juga Dapat Haid Setelah Keguguran

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.