• Dok, 2minggu  yg lalu  saya jatuh dari tangga, lalu tlg kering saya kebentur ke ‘pinggiran’ anak tangga, lalu kaki saya berdarah tapi habis itu udah beku.. lalu scr tidak sengaja ‘koreng’ itu ngelupas. Yang saya rasakan kali ini adalah nyeri ketika berdiri, kaki ditekuk. Kemudian bg yg terluka itu ngeluarin cairan yang nantinya nempel dikulit, sejak itu kaki saya jadi bengkak.. Solusinya bagaimana ya doc?

    Terimakasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pasca jatuh misalnya jatuh dari tangga seperti yang anda alami pada umumnya akan menimbulkan luka baik hanya berupa luka lecet, luka robek, dan bahkan jika benturan terlalu kuat akan menimbulkan patah tulang (fraktur) dan keadaan lainnya. Pada kasus yang anda alami dimana tulang kering (tulang tibia) anda terbentur anak tangga dan menimbulkan perdarahan maka hal ini sebenarnya merupakan salah satu dampak yang bisa diprediksi pasca benturan. Setelah timbul luka, maka akan muncul respon imun tubuh untuk memperbaiki jaringan yang luka tersebut salah satunya adalah muncul bekuan darah yang berfungsi sebagai cikal bakal jaringan baru. Bekuan darah ini lama kelamaan akan mengering dan membuat luka tertutup. Luka yang kering dan muncul keropeng (krusta) lama kelamaan akan pulih kembali yang ditandai dengan mengelupasnya krusta secara spontan. Namun jika krusta yang masih menempel kuat tak sengaja lepas baik karena garukan atau karena hal lainnya tentu luka akan terbuka kembali. Jika luka di kulit tidak dalam maka hanya akan muncul cairan bening yang lama kelamaan akan mengering dan nanti akan timbul koreng kembali yang menandakan penyembuhan luka. Peradangan merupakan salah satu respon tubuh yang juga muncul saat timbul luka. Perlu dipastikan ada tidaknya infeksi yang menyertai pada kondisi yang anda alami saat ini dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung pada anda.

    Jika memang terdapat tanda infeksi maka perlu diberikan antibiotik. Jika tidak ada tanda infeksi maka cukup diberikan obat penghilang nyeri dan bengkak berupa obat anti inflamasi misalnya ibuprofen dan lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Bengkak Setelah Terbentur

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.