• Assalamu’alaikum dok..
    Saya mau tanya dok, tangan ayah saya membengkak padahal tidak digigit serangga apapun ataupun tidak terkilir, tiba tiba membengkak dengan sendirinya. Rasa sakit yang ditimbulkan membuat ayah saya tidak bisa tidur bahkan beliau kesakitan dok, bagaimana cara meredakan rasa sakit itu dok? Dan bagaimana cara menyembuhkannya?

    Tolong dijawab dok, terima kasih..

    Waalaikumsalam, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Tangan yang tiba-tiba membengkak dan terasa sakit bisa jadi disebabkan oleh peradangan sendi akibat asam urat (gout arthritis). Coba perhatikan, jika hal ini terjadi maka ditandai dengan bengkak pada daerah persendian, berwarna kemerahan, dan terasa sakit apabila digerakkan.

    Berikut langkah-langkah penanganan di rumah yang dapat Anda lakukan:

    • istirahatkan tangan yang bengkak. Jangan dipaksa untuk melakukan gerakan gerakan tertentu apalagi yang menambah rasa sakit.
    • posisikan tangan lebih tinggi dari badan, Hal ini bertujuan untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit.
    • hindari pemijatan pada daerah yang bengkak.
    • minum obat pereda rasa sakit yang banyak dijual di pasaran seperti Asam Mefenamat, Ibuprofen, dan aspirin. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan setiap petunjuk pada label obat.

    Apabila keluhan tidak kunjung membaik, atau khawatir terjadi sesuatu, maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya. Dokter juga akan memberikan terapi yang sesuai untuk kondisi tersebut.

    Dengan demikian semoga masalah cepat teratasi dan semoga lekas sembuh ya.

Beranda Tanya Dokter Bengkak pada Tangan Terasa Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.