• Awalnya aku sakit tenggorokan disertai demam selama 3hari.. tpi demamku udah rendah.. dan benjolan di bawah rahang sebelah kanan belum hilang udah 2minggu lebih.. dan sakitnya sering mempengaruhi telinga saya… apakah ini gejala getah bening.???

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Menyimak dari keluhan yang Anda sampaikan memang besar kemungkinan bahwa itu adalah pembengkakan kelenjar getah  bening, tapi jangan takut dulu, karena pembengkakan kelenjar getah bening sejatinya adalah proses alami (dalam banyak kasus).

    Bagaimana getah bening di bawah rahang bisa membengkak?

    Di tubuh kita ada banyak getah bening dan tersebar pada lokasi-lokasi teertentu yang bertujuan bahwa mereka bertugas di wilayahnya masing-masing. Adanya kelenjar getah bening ini memiliki peran sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit keganasan.

    Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi ketika adanya infeksi, yang pada kasus Anda, hal ini bisa jadi disebabkan oleh radang tenggorokan dan demam yang Anda alami.

    Memang butuh waktu agar kelenjar getah benang kembali ke ukuran normal, biasanya berminggu-minggu hingga rata-rata satu bulan setelah infeksi sembuh.

    Selain infeksi, pembengkakan kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh keganasan atau kanker namun kasusnya lebih sedikit dibanding infeksi. Hanya bisa ditentukan ketika dokter memeriksanya secara langsung.

    Sekarang amati saja, apabila bengkak semakin besar dan bertambah banyak, atau Anda mengalami demam atau merasa sakit, maka sebaiknya ditelusuri lebih lanjut dengan memeriksakannya ke dokter.

    Sekian jawaban dari kami, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan Di Bawah Rahang, Getah Bening?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.