• Dok. Saya mau tanya,ada Benjolan di bawah rahang,saya merasakan benjolan ini sudah sekitar 1 minggu,setelah sebelumnya saya merasakan sakit gigi graham saya yang berlubang yg mengakibatkan gusi saya membengkak..tapi sekarang sakit gigi saya sudah membaik..pas saya amati teryata ada benjolan kecil yg di tekan sangat keras di bagian rahang saya..
    Terimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Benjolan yang muncul pada bagian tubuh kita sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun berdasarkan riwayat yang anda alami dimana anda mengalami sakit gigi dan kemudian baru timbul benjolan di bawah rahang yang berukuran kecil dan agak keras maka memang kemungkinan karena kelenjar getah bening yang membengkak.

    Kelenjar getah bening atau KGB sebenarnya menjadi salah satu organ yang menjaga kekebalan tubuh. Saat tubuh terserang infeksi maka tubuh akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan membesarnya kelenjar getah bening.

    Sakit gigi yang timbul biasanya karena gigi yang berlubang. Pada gigi yang berlubang akan memudahkan kuman untuk masuk dan berkembang. Kuman ini yang menjadi penyebab membesarnya kelenjar getah bening. Namun ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna memastikan kemungkinan penyebab. Hal ini perlu dilakukan mengingat banyaknya kemungkinan penyebab keluhan benjolan tersebut. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Leher

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Bawah Rahang,apakah Kelenjar Getah Bening?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.