• Dok, saya mau tanya. Di bibir sebelah kiri vagina saya ada benjolan warna merah kerasa nyeri/sakit, kalau ke tekan celana dalam itu sakit, dibuat gerak yang kebuat vagina saya ketarik juga sakit.

    Tapi kalau buat buang air tidak sakit. itu kenapa dok? berbahaya tidak? solusinya apa? mohon jawabannya dok,

    trimakasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Vagina merupakan organ wanita yang sensitif karena daerah tersebut mudah lembab akibat struktur anatominya yang berlipat – lipat dan letaknya yang tertutup. Ada banyak keluhan yang muncul pada organ ini mulai dari rasa gatal, keputihan hingga munculnya benjolan pada vagina. Keluhan benjolan pada vagina sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal, perlu dipastikan apakah benjolan tersebut berupa massa padat ataukah lunak. Ada beberapa penyebab benjolan pada vagina yaitu antara lain:

    1.       Kista bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang berada pada vagina. Kelenjar bartholin mengalami infeksi sehingga mengandung nanah pada bagian dalam bibir vagina. Kista gartner. Umumnya berisi cairan pada dinding vagina.

    2.       Kista inklusi vagina, yang sering terjadi karena peradangan dinding vagina setelah trauma paska persalinan atau setelah operasi.

    3.       Benjolan pada vulva (bibir vagina) bisa disebabkan karena kutil (veruka vulgaris),  condiloma acuminata, moluscum kontagiosum dan lain sebagainya

    4.       Tumor pada vagina

    5.       Bisul yang muncul akibat folikulitis. Folikulitis merupakan infeksi pada folikel rambut. Seperti kita ketahui organ intim wanita ini juga ditumbuhi rambut kemaluan.

    6.       Penyebab lainnya

    Bahaya atau tidak tergantung dari penyebab keluhan tersebut begitu pula dengan penanganan yang diberikan bisa berbeda tergantung dari diagnosis penyebab keluhan tersebut. Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksaakn diri secara langsung ke dokter untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Bibir Vagina

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.