• selamat malam dok.
    saya mau bertanya, dikepala bagian belakang dekat leher bapak saya terdapat benjolan. sudah lumayan cukup lama hampir stngh tahun tetapi tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak ada perubahan bentuk mengempes atau membesar.
    Itu kenapa ya dok? apakah ini benjolan serius atau tidak?
    Terima kasih dok

    Selamat malam,

    Memang setiap benjolan selalu menimbulkan kekhawatiran baik yang kecil ataupun yang besar.

    Namun ada beberapa patokan di mana Anda harus mengkhawatirkan benjolan tersebut berikut cara membedakan benjolan yang berbahaya dan yang tidak.

    Benjolan yang tidak berbahaya

    Benjolan yang sifatnya tenang artinya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak ada kemerahan, ukurannya tetap atau jika ada perubahan maka membutuhkan waktu yang lama (bertahun tahun) serta tidak ada gejala-gejala lain yang menyertai

    Benjolan yang berbahaya

    Sedangkan untuk benjolan yang dicurigai berbahaya memiliki ciri-ciri sebaliknya yaitu benjolan yang cepat membesar, terasa nyeri, terlihat adanya tanda-tanda peradangan seperti kemerahan, teraba hangat, bernanah, serta menimbulkan gejala gejala lainnya seperti demam atau tumbuh benjolan lagi di tempat yang lain.

    Memang diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan penyebab pastinya namun berdasarkan keterangan yang anda sampaikan kami mencurigai bahwa benjolan tersebut bersifat jinak.  Sebagai ptunjuk tambahan, jika benjolan di kepala teraba lunak, maka mungkin itu berasal dari jaringan lemak. Namun jika teraba keras bisa jadi itu berasal dari jaringan tulang.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Kepala Belakang Tidak Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.