• dok diketiak kanan saya ada benjolan sebesar kelereng . memang beberapa hari yang lalu saya mencukur bulu ketiak. lantas apa yg harus saya lakukan dok saya sudah mengkompres nya dan sudah minum antibiotik tapi sudah 4 hari ga mengecil juga . apakah ini bisa hilang dengan sendiriya? atau antibiotik apa yang harus saya konsumsi dok?

    Selamat pagi, terimakasih Diana atas pertanyaannya di mediskus.com.

    Benjolan kecil di ketiak yang terjadi setelah mencukur bulu ketiak ada kemungkinan bahwa itu disebabkan oleh infeksi akibat masuknya kuman ketika terdapat sedikit luka karena proses pencukuran rambut.

    Jika ini yang terjadi, sebagai langkah awal yang baik untuk diterapkan adalah melakukan kompres hangat pada daerah tersebut dengan durasi sekira 15 menit sebanyak tiga kali sehari. Lakukanlah selama beberapa hari, jika berhasil, dalam tiga hari kondisi akan membaik bahkan sembuh.

    Adapun antibiotik tidak selalu dianjurkan. Antibiotik diberikan ketika infeksi berlangsung sedang hingga berat yang ditandai dengan badan demam selain rasa sakit pada benjolan. Namun demikian, sebagian dokter menganjurkan penggunaan antibiotik untuk infeksi ringan namun dalam bentuk salep atau krim yang dioleskan langsung.

    Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai indikasi (petunjuk dokter) tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan kekebalan kuman di kemudian hari.

    Karena Anda mengeluhkan benjolan tersebut tak kunjung sembuh, maka akan lebih baik jika itu diperiksakan terlebih dahulu agar dokter dapat mengetahui masalahnya dan memberikan pengobatan yang tepat.

    Sekian, semoga membantu ya.

     

Beranda Tanya Dokter Benjolan Kecil di Ketiak Setelah Dicukur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.