• dok dilidah paling belakang saya terdapat benjolan – benjolan merah seperti bentol – bentol ditangan.. klo ditekan rasa sakit tapi klo diem seperti bisa  rasa nya seperti habis minum air panas lalu ditimpa air dingin dan mati rasa dok

    Ini penyakit apa ya dok sariawan…at radang tenggorokan??

    Benjolan ini sudah berlangsung dr hari minggu sampe sekarang msh seperti ini??

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan kurang detail. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan benjolan seperti apa yang anda maksud. Di dalam rongga mulut kita (di belakang lidah) ada beberapa benjolan yaitu tonsil atau biasa dikenal dengan nama amandel dan juga uvula. Tonsil atau amandel terletak di sisi kiri dan kanan rongga mulut sedangkan uvula terletak di garis tengah rongga mulut dan tampak menggantung. Keduanya merupakan bagian tubuh yang pasti ada dalam rongga mulut manusia.

    Saya tak akan membahas benjolan yang menjadi keluhan anda karena memang agak sulit dipastikan tanpa dilakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk keluhan nyeri pada rongga mulut bagian dalam bisa terjadi karena beberapa hal antara lain karena:

    1. Tonsilitis atau infeksi pada amandel menyebabkan amandel makin besar, disertai keluhan lain seperti nyeri saat menelan, demam, dan lain sebagainya. Jika karena bakteri maka bisa muncul nanah pada amandel.
    2. Sariawan atau stomatitis merupakan perlukaan pada jaringan mukosa, biasa muncul pada bibir, lidah, langit – langit mulut dan lain sebagainya. Keluhan yang paling utama dari sariawan adalah rasa nyeri saat sariawan tersentuh sesuatu, misal makanan, lidah dan lain sebagainya.
    3. Penyebab lain

    Silakan pastikan penyebab keluhan anda dengan memeriksakan diri anda secara langsung ke dokter, karena perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan Merah Dilidah Paling Belakang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.