• Mlm dokter saya mau nanya keponakan saya berusia 1tahun,baru2 ini trdapt 2 benjolan dsebelah kanan leher nya, tpi kalo d raba tdak skit ?pnyakit apa itu dok ?apakah berbahaya?

    Selamat malam, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter gratis di mediskus.com

    Benjolan pada leher bayi memang cukupsering terjadi dan seringkali membuat orang tua khawatir jangan-jangan itu berbahaya, apalagi ada omongan tetangga yang enggak enggak mengenai hal itu.

    Ada banyak penyebab benjolan pada leher bayi, namun yang tersering hal itu disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

    Bagaimana kelenjar getah bening di leher membesar?

    Perlu diketahui bahwa kelenjar getah bening merupakan salah satu organ yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh, ketika ada infeksi pada daerah yang alirannya sama, maka bisa menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Hal ini bertujuan untuk mengusir mikroorganisme penyebab infeksi dengan cara memperbanyak sel-sel pertahanan tubuh.

    Ketika ada benjolan pada leher bayi yang disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, maka infeksi biasanya berasal dari:

    • Infeksi pada saluran nafas, misalnya sedang batuk pilek, atau bahkan penyakit TBC.
    • Reaksi akibat imunisasi BCG
    • Infeksi pada kulit sekitar, misalnya ada koreng
    • Infeksi umum seperti campak, cacar air, dan flu singapura

    Amati terus benjolan tersebut, jika tidak bertambah besar atau tidak bertambah banyak, maka tenang saja dan tunggulah, biasanya benjolan akan mengempis dengan sendirinya.

    Namun, jika sebaliknya, apalagi disertai dengan gejala-gejala sakit lainnya, maka periksakan ke dokter untuk diagnosis yang lebih pasti.

    Sekian jawaban dari kami, semoga bermanfaat

Beranda Tanya Dokter Benjolan Pada Leher Bayi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.