• Anak saya perempuan usia 11 tahun, sejak 3 hari yang lalu muncul beberapa benjolan di leher belakang. Apakah benjolan tersebut berbahaya? Setelah 2 hari pasca munculnya benjolan tersebut, anak saya mengeluh pusing dan sedikit meriang, apakah ada hubungannya kondisi ini dengan benjolan tersebut? Kami berencana memeriksakan kondisi anak kami ke dokter, sebaiknya ke dokter specialis apa? Mohon infonya, terima kasih

    Selamat pagi Yudiartini,

    Adanya beberapa benjolan di leher anak memang harus mendapat perhatian. Penyebab tersering dari kondisi ini adalah pembesaran getah bening akibat proses infeksi.

    Ketika tubuh mengalami infeksi, maka muncullah gejala klasik berupa demam, sakit kepala, dan terlihat meriyang. Ya, memang benar meriyang yang anak ibu alami ada kaitannya dengan benjolan di leher. Biasanya infeksi terjadi di bagian tubuh yang lain dan kelenjar getah bening yang terlibat akan ikut membesar sebagai respon pertahanan tubuh.

    Periksalah ke dokter!

    Sudah tepat apabila ibu merencanakan untuk memeriksakan anak ke dokter. Kondisi yang seperti ini akan lebih tepat apabila diperiksakan ke dokter spesialis anak.

    Sekian jawaban dari kami Ibu, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan pada Leher Anak Disertai Demam

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.