• Hai dok, saya mau tanya anak saya berumur 1 setengah tahun. Saya melihat ada benjolan disamping leher belakang anak saya, jika dilihat cuma satu tapi kalau diraba seperti buah anggur yang menempel. tindakan apa yang harus saya lakukan? Dan bisa kah di obati dengan cara tradisional tanpa operasi ???

    Selamat pagi Rara,

    Kami pahami kekhawatiran Anda mengenai benjolan yang terdapat pada leher ananda tercinta. Namun jangan panik dulu ya.. sebelum dipastikan apa penyebabnya.

    Penyebab benjolan pada leher yang berukuran kecil dan berkelompok seperti buah anggur biasanya adalah pembesaran kelenjar getah bening. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi akibat adanya proses infeksi pada tubuh yang lokasinya berdekatan.

    Pembesaran kelenjar getah bening di leher bisa menunjukkan adanya infeksi pada daerah kepala, wajah, mulu, tenggorokan, dan saluran pernafasan. Ketika infeksi sembuh, maka pembengkakan juga akan kembali normal dengan sendirinya.

    Namun, penyebab dari benjolan di leher akibat kelenjar getah bening bisa juga disebabkan oleh hal yang lain selain infeksi.

    Apa harus dilakukan sekarang?

    • Lihat dan amati benjolan tersebut apakah semakin membesar atau semakin bertambah banyak, jika demikian maka periksakanlah ke dokter.
    • Amati keluhan lain yang Anak alami, misalnya batuk-batuk, badan mengurus, tak nafsu makan, demam, atau diare,jika demikian maka periksakanlah ke dokter.

    Namun apabila benjolan berangsur mengeceil dan anak tampak sehat bugar, maka santai saja dan tunggulah hingga benjolan di leher anak benar-benar mengempis dengan sendirinya.

    Cukup sekian jawaban dari kami, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan pada Leher Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.