• Dok ank saya bentol di area badan dan bengkak di area muka.apa itu biduran? tapi disertai demam dan batuk pilek. apa dua penyakit yg berbeda? penyebab demam dari mana??? Terimakasih sebelumnya

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Urtikaria atau biasa disebut juga sebagai biduran merupakan suatu keluhan pada kulit yang timbul akibat respon vaskular (pembuluh darah) di kulit. Gejala yang muncul antara lain berupa bentol – bentol yang disertai rasa gatal. Bentol – bentol akibat biduran bersifat sementara, biasanya akan hilang dalam waktu beberapa jam dan biasanyanya dapat sembuh sendiri. Biduran seringkali berulang jika individu yang bersangkutan terpapat faktor pencetusnya. Namun frekuensi berulangnya biduran bisa dikendalikan agar tidak terlalu sering dengan cara menghindari paparan terhadap faktor pencetusnya.

    Biduran atau urtikaria bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena alergi. Penyebab alergi pun beraneka ragam misalnya tercetus akibat cuaca yang terlalu dingin ataupun panas, alergi makanan, obat, gigitan serangga, kontaktan ( misal: kutu binatang, serbuk tekstil, air liur binatang, tumbuh – tumbuhan, buah – buahan, bahan kimia, kosmetik) dan lain sebagainya. Biduran juga bisa disebabkan karena infeksi.

    Harus dipastikan apakah biduran yang muncul saling terkait dengan infeksi yang terjadi pada anak anda. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Silakan konsultasikan anak anda secara langsung dengan dokter di daerah anda. Sebagai informasi untuk anda, pengobatan yang paling penting untuk mengatasi biduran sebenarnya adalah dengan menghindari faktor pencetusnya. Selain menghindari faktor pencetus, keluhan gatal dan bentol bisa dikurangi dengan pemberian obat antihistamin, pemberian krim atau losion pelembab jika kulit terlalu kering.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Bentol pada Badan dan Bengkak pada Muka

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.