• Bagaimana cara mengobati yang sudah terkena dampak berak darah?

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Ketika Anda mengalami berak darah, langkah pertama yang baik untuk dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menanyakan tentang riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan penyebab berak darah yang anda alami. Karena pengobatan berak darah akan tergantung pada penyebabnya.

    Bila perlu dokter menganjurkan tes pencitraan seperti sinar-X, dan CT scan dan kolonoskpi untuk membantu dokter melihat dengan pasti aliran darah ke sistem pencernaan. Dari sini akan terlihat dari mana sumber perdarahannya.

    Pengobatan Berak Darah

    Pengobatan buang air besar berdarah akan bervariasi sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

    Contoh-contohnya sebagai berikut:

    Pada wasir, orang yang memiliki wasir akan diberikan pengobatann berupa pelunak feses agar meminimalnya terjadinya pendarahan hebat.

    Pada radang usus dan tukak lambung, dokter mungkin meresepkan obat asam lambung untuk mengobati berak darah yang asalnya dari lambung, atau antibiotik dan obat imunosupresan untuk menenangkan penyakit radang usus dan infeksi.

    Pada kelainanan vena mungkin memerlukan operasi perbaikan jika pendarahan tidak berhenti sendiri. Jika darah yang keluar begitu banyak maka ada resiko untuk mengembangkan anemia. Oleh karena itu mungkin diperlukan transfusi darah untuk mengisi kembali volume dan sel-sel darah.

    Jika penyebab berak darah adalah polip usus, Dokter akan menentukan perawatan yang tepat untuk kondisi ini. Dalam beberapa kasus diperlukan pembedahan, atau mungkin membutuhkan terapi radiasi dan kemoterapi jika ternyata penyebabnya adalah kanker.

    Berikut beberapa referensi tambahan untuk Anda:

    Sekian jawaban dari kami, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Pengobatan Berak Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.