• Sudah seminggu ini saya mngalami gatal2 dan bentol2 seperti pulau di area pantat, dan gatal bengkak di bibir,gatal di telapak kaki&tangan, dan belakangan ini gatal2&bentol2 trsebut hilang-muncul di area kulit badan lainnya: punggung, leher, perut, dan lengan. Apakah saya termasuk biduran akut atau kronik?…berapa lama proses penyembuhannya?…adakah pantangan makanan/minuman?. Thx dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal pada kulit disertai bentol sebenarnya merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal adalah respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Keluhan gatal biasanya memang disertai bentol akibat garukan yang terjadi. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu pada anda baru bisa mengatakan apakah anda terkena biduran atau bukan. Biduran sendiri dalam istilah kedokteran disebut sebagai urtikaria. Biduran adalah reaksi pembuluh darah yang tampak pada kulit dengan gambaran klinis berupa bentol halus yang bersifat sementara dan biasanya disertai keluhan gatal.

    Biduran bisa hilang dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari, biasanya bisa sembuh sendiri namun juga sering sekali berulang. Definisi biduran akut atau kronik sebenarnya hanya terkait waktu. Jika biduran berlangsung hanya beberapa saat (biasanya menggunakan batas waktu kurang dari 14 hari) maka bisa dikatakan biduran akut. Namun jika biduran berlangsung lebih lama dari waktu tersebut maka disebut biduran kronik.

    Banyak sekali faktor – faktor pencetus dan penyebab muncul dan berulangnya keluhan biduran yaitu antara lain karena alergi terhadap cuaca, baik cuaca yang terlalu dingin ataupun panas ataupun karena perubahan suhu udara yang mendadak; alergi terhadap makanan tertentu, misal udang, kepiting, telur, coklat, kacang – kacangan dsb; akibat obat –obatan, misal antibiotik, analgetik dan masih banyak lagi pencetus biduran.

    Pengobatan utama dari biduran adalah dengan menghindari diri dari paparan faktor pencetus sehingga keluhan tidak bertambah berat dan menurunkan frekuensi berulangnya keluhan biduran. Selain itu pemberian antihistamin ataupun kortikosteroid juga bisa membantu mengatasinya.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Berapa Lama Pengobatan Biduran Akut & Kronik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.