• Dokter saya mau tanya, saya punya bayi usia 7 bulan, saat ini demam.. Diberi obat puyer dan cotrimoxazole sirup dengan dosis 2*1/2 , 1/2 disini maksudnya berapa ml ya dok… Trims untuk jawabanya.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf keterangan yang anda sampaikan masih kurang jelas. Ada baiknya anda mencantumkan foto label obat yang menunjukkan penulisan cara pengkonsumsian obat. Dalam penulisan resep biasanya akan dituliskan petunjuk bagi si pasien misalnya 3 dd 1. Artinya obat diminum sebanyak 3 kali dalam 1 hari atau obat diminum tiap 8 jam. Atau bisa juga dituliskan berupa 2 dd ½ cth artinya obat diberikan dua kali dalam sehari, dengan sekali pemberian sebanyak ½ sendok teh. Satu sendok teh setara dengan 5 ml. Artinya ½ cth sebanyak 2,5 ml. Sedangkan jika dituliskan berupa 2 dd 1 C artinya obat diberikan dua kali dalam sehari, dengan sekali pemberian sebanyak 1 sendok makan. Satu sendok makan setara dengan 15 mL.

     

    Saya masih agak ragu apakah penulisan obat yang anda sampaikan sudah tepat atau belum. Oleh karena itu alangkah baiknya jika dilihat labelnya terlebih dahulu. Sebagai informasi untuk anda, pemberian cotrimoxazole sirup memiliki dosis sekitar 20 mg per kgBB per harinya.

    Untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam meminum obat maka ada baiknya anda mengkonfirmasi kembali dengan dokter yang memberikan obat atau dengan petugas apotik dimana obat tersebut diambil.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berapakah Dosis Cotrimoxazole Sirup?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.