• Dok, saya ingin bertanya..

    di pipi saya bagian kanan, terdapat bercak coklat gelap. kata orangtua saya, itu adalah bekas luka waktu saya terjatuh saat berumur 3 tahun. sekarang saya berumur 18 tahun. kenapa bekas luka itu tidak hilang ya dok? padahal saya sudah memakai banyak produk untuk menghilangkan nya, seperti melanox, dr pure, temulawak, baby pink dan lain-lain. tapi tidak hilang juga. pada saat masih kecil, bekas luka itu tidak terlalu coklat dan tidak terlalu besar. tapi sekarang, berangsur dewasa, bekas luka itu semakin coklat dan jelas, serta ukurannya juga membesar. tapi kemudian bekas nya menjadi makin parah itu setelah saya mencoba menggunakan produk baby pink untuk menghilangkannya. bentuknya seperti pulau kalimantan. ada saya lampirkan fotonya di bawah. apakah itu tanda lahir atau bekas luka dok?

    o iya dok, saya juga pernah dengar sekilas, bahwa orang yang bergolongan darah B positif itu, luka nya bisa sembuh sendiri tanpa di beri obat khusus. karna klw di beri obat lagi, maka kulit yang akan beregnerasi akan double alias jadi lebih coklat. apakah itu ada hubungan nya dok? saya juga tidak tau golongan darah saya apa.

    jadi bagaimana solusi untuk menghilangkannya ya dok? sekian trimakasih.

     


    ini foto saya saat berumur 1th(sebelum jatuh), 3th(sesudah jatuh), dan 18th(sekarang).

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk membedakan apakah yang anda alami adalah bekas luka atau karena tanda lahir sebenarnya sangat mudah. Tanda lahir tentu sudah anda miliki sejak anda lahir ke dunia, sedangkan bekas luka baru didapatkan setelah ada kejadian tertentu dan bukan muncul saat anda pertama kali lahir ke dunia. Jika memang anda memiliki riwayat terjatuh saat anda masih kecil yang meninggalkan bekas luka seperti yang dijelaskan oleh orang tua anda maka bisa disingkirkan  kemungkinan bercak luka yang anda alami karena tanda lahir.

    Proses penyembuhan bekas luka seringkali meninggalkan jaringan parut atau bercak kecoklatan. Pada kasus yang anda alami bekas luka yang muncul adalah berupa bercak kecoklatan di kulit. Biasanya makin bertambah dewasanya seseorang bercak luka bisa semakin terlihat apalagi jika sering kali digosok – gosok dan lain sebagainya. Saya sendiri tidak pernah membaca literatur yang membuktikan adanya hubungan golongan darah dan sulitnya penyembuhan bekas luka.

    Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir bekas luka. Jika dengan krim penghilang bekas luka tidak ada perbaikan, maka anda bisa mencoba melakukan perawatan berupa chemical peeling ataupun laser di kulit yang bermasalah. Namun untuk memastikan tindakan yang terbaik sesuai dengan keluhan yang anda alami ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kulit.

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bercak Coklat di Wajah, Bagaimana Menghilangkannya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.