• Dok, Saya mau tanya. tadi setelah melakukan buang air besar, dan melakukan pembersihan di sekitar dubur dengan tisu. terdapat darah dan sedikit darah yg mengumpal ukuran kecil. Itu masalahnya apa ya?

    Saya tidak melihat pada saat saya BAB keluar darah. namun hanya pada saat saya melakukan pembersihan di area dubur. Mohon kiranya bisa memberikan masukan atas keluhan saya.

    Terima Kasih,

    Dei.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin mengkonfirmasi kembali apakah sebelum muncul keluhan BAB berdarah anda sempat mengedan kuat saat buang air besar? ataukah ada keluhan tinja yang keras sehingga sulit untuk dikeluarkan? Jika ya, maka kemungkinan penyebab keluhan keluar darah dari anus atau dubur terjadi karena hemorrhoid. Hemorrhoid bisa disebut juga sebagai wasir atau ambeien. Penyakit ini timbul karena pelebaran pembuluh darah di rektum dan anus. Salah satu faktor resiko munculnya penyakit ini adalah kebiasaan mengedan terlalu kuat saat BAB. Selain itu kehamilan, usia tua juga bisa menjadi salah satu faktor resiko.

    Gejala yang muncul dari ambeien berbeda – beda tergantung stadium penyakitnya. Pada tahap awal keluhan yang muncul berupa keluar darah berwarna merah saat BAB. Selain itu seiring makin memberatnya penyakit maka akan timbul benjolan yang keluar dari lubang anus. Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Karena dalam forum ini saya tak bisa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada anda serta tak bisa melakukan pemeriksaan penunjang sehingga hanya bisa membantu menjelaskan salah satu kemungkinan yang bisa menyebabkan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Hi, Dok.

    Terima kasih telah merespon pertanyaan saya.  Untuk Keluhan BAB berdarah ini baru pertama kalinya saya alami.  Perihal mengedan saya tidak malakukan mengedan kuat. biasa saja dok.  mungkin beberap waktu lalu saya pernah mengalami hal itu. tapi itu tidak sering jarang sekali terjadi.

    Apakah saya  harus menunggu untuk melakukan BAB berikutnya, untuk memastikan? jika memang tidak terjadi lagi, haruskan saya melakukan pemerikasaan ke dokter atau tidak ? jika Iya. Dokter manakah yang paling tepat ?

Beranda Tanya Dokter Bercak Darah di Area Dubur Setelah BAB

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.