• Dok,saya ingin bertanya.saya mengalami bercak merah di jari,tetapi hanya sedikit.sebelumnya,saya menderita sakit kepala dan demam sampai 38 celcius.apakah saya mengalami demam berdarah?trimakasih

    Selamat sore,

    Bercak berwarna merah pada kulit ada banyak sekali penyebabnya, misalnya gangguan lokal pada kulit, seperti reaksi alergi pada kulit dan dermatitis. bisa juga disebabkan oleh masalah sistemik (kondisi umum pada tubuh), seperti demam berdarah, campak, infeksi virus lainnya.

    Karena anda khawatir jangan-jangan bercak merah itu disebabkan demam berdarah, maka berikut kami sampaikan sedikit mengenai penyakit ini.

    Demam berdarah pada tahap awal ditandai dengan demam yang tinggi muncul secara mendadak, berlangsung sekitar dua hingga tujuh hari. pada tiga hari pertama demam begitu tinggi hari keempat dan kelima cenderung lebih rendah dan bisa tinggi lagi pada hari berikutnya.

    Bercak merah pada kulit yang disebabkan oleh demam berdarah biasanya muncul pada hari ke 3, 4 dan 5. bercak biasanya berwarna merah kehitaman dan apabila diregangkan warnanya tidak hilang. Tidak terasa gatal.

    Namun apabila bercak merah di kulit tangan tersebut terlihat menimbul dan hilang apabila diregangkan, maka kemungkinan itu bukanlah demam berdarah, mungkin hal itu disebabkan oleh infeksi virus lainnya. Terlebih jika anda mengalami demam dua atau tiga hari sebelumnya.

    Sekian jawaban dari kami semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Bercak Merah pada Jari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.