• dok, bayi saya mengalami bercak putih pada lidah dan bibir nya?, setelah saya cari tau ternyata putri saya terinfeksi jamur, dan menurut informasi yang saya baca, untuk mengobatinya bisa menggunakan obat tetes nestatin, apakah bisa jika saya membeli obat tersebut di apotik dan langsung memberikan pada bayi saya?, atau harus meminta resep terlebih dahulu dan membawa bayi saya untuk diperiksa ke dokter?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin meyakinkan kembali apakah benar bahwa bercak putih di mulut yang anak anda alami karena jamur? Jika belum dilakukan pemeriksaan sebaiknya tidak secepat itu mengambil kesimpulan.

    Ada banyak kondisi yang dapat menimbulkan keluhan yang serupa. Berikut akan disampaikan beberapa penyebab keluhan bercak putih pada mulut bayi bisa terjadi karena:

    1. Bekas susu yang menempel di mukosa rongga mulut sering kali menimbulkan bercak putih yang menyerupai bercak putih akibat infeksi jamur. Jika bercak putih tersebut hanya diakibatkan bekas susu maka sebaiknya tak perlu pemberian obat apapun. Yang perlu dilakukan hanya membersihkan mulut bayi dengan melap rongga mulut dengan washlap serta jaga kebersihan mulut bayi sehabis minum susu ataupun makan.
    2. Infeksi jamur bisa menyebabkan keluhan bercak putih. Jamur penyebab tersering yaitu akibat Candida albicans. Jika penyebabnya karena infeksi jamur maka bisa diberikan obat anti jamur. Namun harus dipastikan terlebih dahulu, jika bukan karena jamur maka jangan berikan obat tersebut.
    3. Infeksi virus juga bisa menyebabkan keluhan bercak putih di mulut misal pada hand, foot, mouth disease (HFMD). Bercak putih biasanya nyeri. Pasien hanya perlu diberikan obat simptomatik untuk mengurangi keluhan.
    4. Penyebab lainnya

    Silakan anda periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anak anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis. Pengobatan tergantung penyebab keluhan. Jangan berikan obat tanpa diagnosis yang tepat karena dapat merugikan anak anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bercak Putih pada Mulut Bayi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.