• slmt siang dok. Kenapa ya setiap saya berhubungan intim dengan suami selalu keluar darah dari vagina saya. Sebelumnya saya sudah dua kali periksa ke dokter. Kata dokter hanya infeksi biasa. Setelah obat yang diberi sama dokter habis, saya coba berhubungan suami istri memang tidak berdarah lagi. Tapi seminggu kemudian setelah haid saya berhubungan intim dan keluar darah lagi saat berhubungan

    Selamat Malam Fitry.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com. Perdarahan dari v*gin* paska hubungan seksual (coitus) bisa terjadi baik pada wanita muda maupun wanita dengan usia lanjut. Jika perdarahan paska coitus terjadi pada wanita muda biasanya penyebabnya tidak membahayakan. Namun jika terjadi pada wanita tua atau sudah menopause maka resiko terjadinya penyakit berbahaya lebih besar.

    Secara umum ada beberapa penyebab terjadinya perdarahan paska hubungan suami istri, yaitu antara lain:

    1. Kanker serviks (leher rahim)
    2. Servikal ektropion (kondisi dimana serviks keluar dan menonjol ke arah jalan lahir)
    3. Polip servikal, yaitu tumor jinak pada serviks
    4. Servisitis (peradangan pada serviks)
    5. Friksi/ gesekan saat melakukan hubungan seksual
    6. Luka pada organ genital akibat infeksi menular seksual, misalnya pada sifilis ataupun herpes genital
    7. Lubrikasi yang kurang sebelum berhubungan seksual/ kurangnya foreplay sebelum berhubungan mengakibatkan kurangnya lubrikasi/ pelumas dan mengakibatkan trauma saat melakukan hubungan seksual
    8. Luka hingga ke endometrium (lapisan rahim) selama hubungan seksual, terutama pada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral
    9. Perdarahan uterus (rahim) yang normal karena anda berada pada masa awal menstruasi atau akhir menstruasi
    10. Kekeringan pada v*gin*
    11. Vaginitis (infeksi pada v*gin* )
    12. Dan lain sebagainya

    Jika anda seorang wanita yang akan memasuki masa menopause dan mengalami perdarahan dari jalan lahir paska berhubungan, maka keadaan tersebut perlu mendapat perhatian yang cukup serius. Karena perdarahan pada paska koitus tersebut bisa mengindikasikan atau merupakan tanda kanker serviks. Namun tetap perlu dilakukan pemeriksaan penunjang lanjutan untuk memastikannya.

    Jika anda termasuk wanita yang sudah mengalami menopause, atrofi v*gin* ataupun keadaan lain seperti keringnya v*gin* merupakan penyebab tersering perdarahan v*gin* paska koitus. Namun tetap ada kemungkinan penyebab lain yang lebih serius.

    Untuk itu alangkah baiknya bagi tiap wanita yang sudah aktif secara seksual, perlu memeriksakan diri secara berkala berupa tes papsmear untuk deteksi dini adanya tumor ataupun keganasan pada organ reproduksi anda.

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan penyebab keluhan anda sangatlah banyak sehingga perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Untuk itu alangkah baiknya jika anda segera periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berdarah Saat Berhubungan Intim

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.