• dok saya mau nanyak istri saya setelah satu bulan ikut kb andalan 3bln
    dia mengalami pendarahan tp ga merasa sakit apakah itu bahaya nggak dok…

    Selamat pagi, terimakaih telah menggunakan layanan konsutasi dokter di medikus.com

    Perlu diketahui bahwa salah satu efek samping penggunaan KB suntik adalah terganggunya siklus menstruasi, menstruasi bisa saja muncul tidak sesuai jadwal yang ditandai dengan pendarahan yang jaraknya dekat, sedikit ataupun banyak. Bahkan ada juga yang malah tidak mengalami menstruasi sama sekali.

    Hal ini terjadi karena pada KB suntik mengandung hormon yang tugasnya adalah mengubah keseimbangan hormon normal pada tubuh dengan tujuan agar tidak terjadi ovulasi sehingga bisa mencegah kehamilan.

    Baca juga: Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

    Berhubung istri bapak baru pertama menggunakan KB suntik 3 bulan, maka butuh waktu untuk beradaptasi, biasanya keluhan pendarahan akan berangsur menghilang seiring waktu, dan akan berkurang pada suntikan berikut-berikutnya, namun jika keluhan masih saja terjadi dan Anda merasa tidak nyaman maka pertimbangkan untuk menggunakan jenis Kontrasepsi lainnya misalnya KB spiral, KB alami atau penggunaan kondom.

    Darah yang keluar setelah suntik KB apabila tidak banyak maka itu tidaklah berbahaya, namun jika darah yang keluar begitu banyak sehingga membuat lemas, mudah mengantuk, dan terlihat pucat maka hal ini perlu diwaspadai dan sebaiknya segera periksakan ke dokter.

    Sekian jawaban dari kami, semoga bisa membantu.

Beranda Tanya Dokter Pendarahan Setelah KB Suntik 3 Bulan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.