• Dok, saya sering terlambat datang bulan setelah melahirkan 2 tahun lalu dengan operasi caesar. Terakhir haid pada tanggal 25 agustus kemarin dan sampai sekarang belum haid.

    Saya dan suami baru melakukan hubungan tgl 27 okt (dikarenakan suami bekerja diluar kota) tanpa pengaman. Kami kecolongan, suami saya ejakulasi di dalam. Apakah saya berpotensi hamil? Saya agak takut mengingat usia anak saya baru 2 tahun dan operasi caesar. Kami belum merencanakan untuk ada anak lagi. Mohon bantuannya dok.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pertanyaan anda mengenai kemungkinan hamil saat terjadi hubungan intim dan adanya sperma yang masuk ke vagina tentu saja sangat bisa. Apalagi jika tidak ada alat kontrasepsi yang digunakan maka peluang untuk hamil sangatlah besar sekali. Namun tidak semuanya bisa menyebabkan kehamilan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain kualitas sperma suami, kualitas sel telur istri, adanya pertemuan antara sel sperma dan sel telur hingga keberhasilan implantasi (penempelan) sel telur ke rahim wanita.

    Untuk mengetahui apakah ada tanda kehamilan maka bisa dilakukan pemeriksaan misalnya dengan menggunakan tes pack sebagai alat untuk mendeteksi kehamilan yang paling sederhana. Pemeriksaan dengan tes pack bisa dilakukan 14 hari sebelum jadwal mens selanjutnya. Namun pemeriksaan ini juga kadang bisa memberikan hasil false negatif atau false positif. False negatif terjadi jika kadar hormon kehamilan belum terlalu tinggi sedangkan false positif bisa terjadi pada mola hidatidosa dan juga kehamilan di luar kandungan.

    Untuk mengetahui kehamilan atau tidak yang paling akurat bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG untuk mendeteksi adanya detaj jantung janin dan juga adanya kantung kehamilan dalam rahim ibu.

    Sebagai informasi untuk anda, penyebab telat mens selain kehamilan ada banyak sekali antara lain akibat kelelahan, stress, efek obat – obatan, dan masih banyak lagi. Silakan anda konsultasi langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Berhubungan Saat Telat Haid 2 Bulan, Bisa Hamil?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.