• Saya mau tanya dok, saya sering bersin-bersin di pagi hari disekitar jam 03-06 pagi. Kemudian bersin-bersin tersebut menjadikan hidung saya mengeluarkan cairan bening mirip air biasa bukan seperti ingus ketika pilek. Hampir setiap pagi saya mengalami hal tersebut. Kira-kira kenapa ya dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bersin – bersin disertai keluar ingus dari hidung yang berwarna bening biasanya terjadi karena rinitis alergi atau infeksi pada hidung akibat alergi. Faktor pencetusnya bisa karena debu, udara yang dingin, bulu binatang, dan masih banyak lagi. Keluhan yang anda alami biasa terjadi pada pukul 03 hingga 06 pagi maka kemungkinan besar karena suhu udara yang dingin pada jam – jam tersebut. Gejala yang muncul akibat rinitis alergi antara lain:

    • Bersin – bersin
    • Keluar sekret atau ingus berwarna bening dan encer
    • Bisa disertai gatal pada hidung dan mata
    • Bisa disertai keluhan sakit kepala
    • Keluhan lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Namun jika memang keluhan yang anda alami karena rinitis alergi, yang terpenting adalah bagaimana menghindari diri dari faktor alergen pencetus keluhan anda misalnya mematikan kipas angin atau AC saat menjelang pagi hari, memakai jaket, rajin mengganti seprai dan lain sebagainya untuk menghindari debu.

    Silakan baca artikel berikut yang mungkin terkait keluhan anda:

    Rinitis Alergi – Pilek, Bersin Alergi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Bahaya tidak ya dok?
    Terimakasih banyak sudah membalas pertanyaan saya :)

Beranda Tanya Dokter Bersin-bersin di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.