• Beberapa hari yg lalau tangan saya terasa gatal dan betol beberapa saat kemudian bentol itu membesar seperti habis kepentok,lama lama sih hilang tapi besokannya di dengkul dan betis saya ngerasa hal yg sama dan bentol seperti lebam sampai sekarang badian tubuh yg lain merasa gatal dan bentol juga..

    itu karna apa yaa dan apa solusinya agar tidak menyebar ke seluruh badan

    Selamat pagi, Anti.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com.

    Data yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang jelas. Yang anda maksud dengan lebam itu seperti apa? Berwarna kebiruan atau hanya bentol besar saja?

    Jika hanya bentol besar saja disertai gatal ada beberapa kemungkinan penyebab antara lain:

    1. Gigitan binatang. Biasanya bentol mulai dari ukuran kecil hingga besar disertai gatal dan kadang kemerahan.
    2. Bisa akibat alergi makanan (misal: seafood, coklat, kacang, dan lain sebagainya), udara (dingin atau terlalu panas), bahan wool, dsb.
    3. Drug erupsi. Bentol dan gatal juga bisa terjadi akibat penggunaan obat – obatan tertentu yang tidak cocok dengan tubuh anda.
    4. Keringat
    5. Dermatitis kontak. Muncul akibat kontak dengan bahan tertentu, misal logam, krim perawatan, dsb.
    6. Dan penyakit lainnya.

    Namun jika muncul tanda lebam berupa kebiruan atau berwarna keunguan maka kemungkinan lain bisa terjadi, seperti penyakit gangguan perdarahan dan lain sebagainya.

    Terapi yang bisa dilakukan tentu tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya karena alergi, dermatitis kontak, gigitan binatang atau erupsi obat maka langkah pertama untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari paparan. Jika karena keringat, maka anda perlu menjaga agar kulit anda tetap kering dan tidak terlalu lembab.

    Selain itu dapat diberikan obat-obatan seperti antihistamin, kortikosteroid, dsb untuk mengurangi keluhan.

    Jika bentol disertai tanda lebam berupa kebiruan atau berwarna keunguan maka perlu pemeriksaan yang lebih mendetail dan terapi khusus sesuai dengan penyebab.

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar mendapat pemeriksaan secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab pasti keluhan anda serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Betol pada Kulit

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.