• Selamat sore dok, saya mengalami gatal di lengan kanan & kiri serta wajah, bentuknya bruntus kecil-kecil tapi tidak berair. Rasanya gatal, panas & perih seperti terbakar. Kadang sampai menggigil, seperti demam. Yang di bagian wajah agak tebal bruntusnya. Panas & peri juga seperti terbakar. Saya sudah berobat ke dokter kulit. Disuntik dan di beri obat : Mexon kaplet & calcifar plus yang harus diminum 3×1. Dan cetrizine yang diminum satu kali saat malam. Juga diberi salep oles (dalam tube, tanpa merk). Awal berobat gatal-gatal ditubuh saya sembuh. Tapi selang 10 hari mulai terasa kembali dan semakin lama semakin gatal (apalagi yang di wajah, perih jika di lap pakai handuk). Kebetulan obat & salep yang dari dokter masih ada. Jika saya minum & oles salep gatalnya hilang.

    Pertanyaan saya, apakah tidak apa-apa kalau ketiga jenis obat tersebut di atas dipakai dalam jagka waktu yang cukup lama ?? Saya meminumnya ketika gatal saja. Biasanya saya merasakan gatal yang teramat sangat ketika siang hari sampai malam ketika udara yang sangat panas. Apakah ini termasuk kedalam biang keringat, mengingat gatal terjadi jika udara panas & saya berkeringat berlebih ?? Kira-kira obat apa yang dapat membantu menyembuhkan gatal (bruntus halus) diwajah saya yang rasanya sangat perih ?? Mohon bantuanya dan di tunggu jawabannya … Terimakasih dokter.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik merah pada kulit yang terasa perih dan gatal. Penyebab keluhan ini ada beberapa hal antara lain karena:

    1. Miliaria atau biasa disebut biang keringat bisa menyebabkan keluhan bruntus kecil-kecil yang terasa gatal, panas dan perih seperti terbakar. Keluhan ini bisa terjadi akibat kulit yang terpapar panas.
    2. Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan bruntus yang gatal, perih dan terasa panas. Keluhan ini bisa muncul akibat alergi udara yang terlalu panas, dingin, dan lain sebagainya. Bisa juga karena kontak dengan zat kimia tertentu misal krim dan lain sebagainya.
    3. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Oleh karena itu saya tidak bisa menentukan diagnosis pastinya tanpa memeriksanya sendiri.

    Ketiga obat yang anda sampaikan tak masalah diminum bersamaan. Tidak ada kontraindikasi ataupun interaksi obat yang membahayakan jika diminum bersamaan.

    Penyebab keluhan ini harus dipastikan terlebih dahulu baru kita bisa menentukan apakah keluhan ini bisa hilang total atau kambuh – kambuhan. Namun jika memang ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan tersebut sebaiknya memang dihindari.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Biang Keringat di Wajah Sangat Gatal dan Perih

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.