• salam sejahtera.

    dok, saya perempuan berumur 20 tahun. beberapa bulan belakangan saya sering merasa gatal hebat secara tiba-tiba dan terjadi dibagian tubuh manapun termasuk wajah. setelah saya cek di internet sepertinya itu ciri-ciri biduran. namun saya tidak tahu apa penyebabnya karena rasa gatal tersebut tidak mengenal waktu, bisa datang saat mandi, malam hari, siang hari dan makin lama semakin sering gatal. area gatal bisa sangat luas. bila dibiarkan saja, tidak digaruk/disentuh rasanya sangat mengganggu. setahu saya, saya pun tidak alergi makanan. mungkin dokter bisa sedikit memberi pencerahan kepada saya. terima kasih sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebagai informasi untuk anda, penyebab gatal pada kulit sangat banyak sekali. Gatal merupaka keluhan yang sangat umum terjadi pada hampir tiap penyakit kulit. Gejala penyerta yang muncul bisa membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab, meskipun tetap harus dilakukan pemeriksaan secara langsung guna melihat gambaran klinis dari keluhan tersebut.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1.       Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.

    2.       Biduran atau biasa disebut dengan urtikaria merupakan salah satu penyebab rasa gatal yang paling sering muncul. Penyebabnya sangat banyak dan bukan karena faktor alergi saja. Biduran bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb. Keluhan yang muncul selain rasa gatal adalah muncul bentol – bentol pada kulit, warnanya agak kemerahan atau sewarna dengan warna kulit.

    3.       Miliaria atau biasa disebut dengan keringat buntet juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.

    4.       Penyebab lainnya

    Pengobatan pada kasus yang anda alami tergantung dari diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Biduran dan Cara Mengatasinya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.