• Dok saya ingin tanya

    sekitar 2 bulan lau saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan bibir saya bengkak dan mati rasa, setelah beberapa minggu bibir saya sudah tidak bengkak lagi, tetapi masih mati rasa. Yang ingin saya tanyakan apa benar saraf bibir saya putus? Kalau demikian bagaimana cara mengobatinya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Baal atau hilangnya sensasi rasa pada tubuh bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja. Penyebabnya beraneka ragam. Baal bisa berlangsung sementara atau bisa juga permanen (menetap). Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan rasa baal atau mati rasa pada tubuh terutama pada bibir yaitu antara lain karena:

    1.       Akibat reaksi alergi, misalnya pada obat – obatan, makanan dan lain sebagainya. Gejala awal yag muncul bisa berupa kesemutan, bengkak pada bibir, hingga kemudian bibir menjadi mati rasa.

    2.       Neuropati perifer atau gangguan pada saraf bisa menjadi penyebab. Penyakit ini bisa muncul dengan sendiri atau sebagai komplikasi dari suatu penyakit misalnya diabetes melitus.

    3.       Penggunaan obat – obatan tertentu misal anastesi lokal, alkohol dan lain sebagainya

    4.       Trauma atau cidera yang mengenai bibir seperti yang anda alami bisa saja menjadi penyebabnya. Trauma bukan hanya karena benturan saja, makan makanan atau minuman yang terlalu panas juga bisa menyebabkan hal tersebut. Perlu dipastikan apakah ada kerusakan saraf yang terjadi pasca trauma yang anda alami.

    5.       Penyebab lainnnya
    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Terapi yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Pemberian mulvitimin untuk regenerasi saraf bisa juga dilakukan sebagai salah satu terapi suportif.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bibir Bengkak dan Mati Rasa

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.