• Siang dokter,  saya mau bertanya tentang bintik yang muncul di telapak jari tangan saya. Warnanya serupa kulit dan tidak gatal. Dan semakin lama muncul bintik yang lain. Awalnya saya kira kutil,  saya obati dengan obat di apotik.  Tapi tidak berpengaruh. Dan bertambah ke telapak jari yang lainnya. Bagaimana yah dok cara penanganannya. Dan apa penyebabnya. Terima Kasih.

    Foto bintik yang muncul dijari manis

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab bintik pada kulit tanpa direstai rasa gatal sebenarnya ada beberapa sebab. Berdasarkan foto yang anda kirim, kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena kutil atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai veruka vulgaris. Veruka merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV). Penyakit ini dapat bertambah banyak seiring berkembangnya virus tersebut. Penyakit ini juga sama seperti penyakit virus lainnya yang dapat menular. Salah satu faktor resiko penyebab kutil antara lain karena luka, mandi di tempat pemandian umum, hingga karena daya tahan tubuh pasien yang menurun.

    Pengobatan veruka vulgaris atau kutil ada beberapa yakni antara lain:

    1.       Penggunaan obat topikal berupa salep salisilat 50%. Hati – hati penggunaan salisilat mengenai kulit lain yang sehat. Diharapkan dengan penggunaan obat ini, kutil bisa melunak dan akhirnya lebih mudah untuk lepas dan diangkat dari kulit.

    2.       Jika dengan penggunaan obat topikal tidak berhasil maka bisa dilakukan langkah lain seperti bedah beku (krioterapi) dengan menggunakan nitrogen cair.

    3.       Tindakan pembedahan dengan bedah listrik dan kuretase juga bisa dilakukan untuk mengatasi kutil.

    Silakan anda konsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapatkan terapi yang paling sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik di Kulit dan Tidak Gatal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.