• Dok, kenapa b*k*ng saya terdapat banyak bintik merah seperti bisul yang tidak kunjung sembuh dan terkadang terasa gatal ? Padahal saya sudah berobat beberapa kali dan juga minum bersih darah kembang bulan, tetap saja belum sembuh. Kira-kira apa solusinya ya dok ? Mohon jawabannya, terimakasih.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bisul pada bokong disebabkan karena infeksi, umumnya akibat infeksi bakteri. Secara normal, di kulit kita memiliki flora normal yang berperan untuk menjaga keseimbangan dan sebagai pelindung kulit. Namun jika pertumbuhan flora normal tersebut berlebihan akibat satu dan lain hal, maka bisa menyebabkan infeksi.

    Bokong merupakan area yang lembab dan sering terjadi gesekan akibat letaknya yang tertutup oleh tumpukan pakaian kita. Seringkali akibat kelembaban berlebih dan juga garukan yang berulang – ulang membuat bokong mengalami iritasi. Iritasi pada kulit membuat mekanisme pertahanan kulit melemah dan memudahkan tumbuhnya mikroorganisme sehingga terjadilah infeksi dengan gejala bintik – bintik merah meradang dan kadang disertai dengan nanah.

    Solusi untuk mengatasinya jika memang karena infeksi bakteri adalah dengan pemberian antibiotik, baik obat minum ataupun obat topikal, tergantung dari keparahan penyakitnya. Selain itu perlu juga obat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri yang ditimbulkan. Namun setelah sembuh, juga perlu menghindari aktivitas- aktivitas yang mencetuskan keluhan bisul di bokong dengan cara : menghindari pakaian terlalu ketat dan tak menyerap keringat, kurangi gesekan – gesekan di daerah bokong, hindari garukan berlebihan yang bisa menimbulkan luka, serta jaga kebersihan area bokong dan sekitarnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik Merah seperti Bisul

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.