• halo dokter. saya Ria dari Lombok. saya mau nanya, di seluruh kaki saya ada bintik merah. awalnya saya kira di setiap pori pori, ternyata tidak. bintik bintik merah ini kemudian menyatu dan membentuk ruam di betis kiri saya. sekarang ruamnya ada di paha kiri dan betis kanan saya. ada waktunya bintik ini jadi benar benar merah dan kadang berwarna cokelat. saya tidak pernah berasa panas ataupun gatal. bintik ini muncul tiba tiba saja sejak 2 tahun lalu. saya sudah ke dokter, dan dibilang alergi. saya juga sudah menggunakan obatnya tapi tidak ada perubahan. bagaimana ini dok? mohon segera direspon. terima kasih banyak dokter.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik merah bisa disebabkan oleh banyak hal. Bintik merah karena alergi sendiri memiliki beberapa kemungkinan penyebab yaitu urtikaria, dermatitis kontak alergi dan lainnya. Gejala – gejala nya hampir mirip sehingga perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis penyakitnya.

    Bintik merah juga bisa juga terkait berhubungan dengan binatang serangga misalnya karena gigitan serangga ataupun terkena air liurnya. Gejala yang muncul bisa berupa bintik merah yang timbul sendiri – sendiri atau menyatu satu sama lainnya, bisa disertai rasa gatal ataupun tidak, bisa disertai rasa panas pada kulit ataupun juga tidak.

    Untuk memastikan apakah yang anda alami benar karena alergi ataupun tidak, bisa juga dilakukan tes alergi misalnya uji tempel hingga uji tusuk. Selain itu bisa juga dilakukan pemeriksaan IgE hingga pemeriksaan alergen untuk mengetahui faktor penyebab alergi. Namun ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara langsung terutama dengan dokter spesialis kulit agar dapat dilihat gambaran klinisnya serta ditentukan apakah perlu dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan penunjang atau tidak.

    Apabila memang penyebab keluhan anda adalah karena alergi maka pengobatan yang paling utama dan terpenting adalah dengan menghindari diri dari paparan alergen penyebab keluhan.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik Merah di Kaki

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.