• Dok saya mau tanya. Di kulit wajah dekat telinga saya ada bintik-bintik kecil dan kemerahan yang banyak. Saya kira itu bukan jerawat dan bisa hilang sendiri. Saya sudah pakai facialfoam dll tapi tidak hilang juga. Bintik itu apa dan bagaimana penanganannya dok. Berikut saya sertakan foto

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik – bintik merah pada wajah anda disebabkan karena jerawat. Jerawat atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai acne vulgaris terdiri dari komedo baik komedo hitam (black komedo) maupun komedo putih (white komedo), papul (penonjolan pada permukaan kulit yang berukuran < 0,5 cm), pustul  (penonjolan berisi nanah), ataupun kombinasi semua gambaran klinis tersebut. Acne vulgaris timbul akibat beberapa sebab mulai dari kebersihan wajah yang tidak terjaga, sumbatan minyak pada pori – pori kulit, bakteri penyebab jerawat, dan lain sebagainya. Jerawat paling sering tumbuh di daerah wajah karena bagian ini mudah kotor terkena debu, make up dan lain sebagainya.  Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.
    Pengobatan jerawat sendiri selain dengan menggunakan obat – obatan juga harus dibantu dengan upaya untuk menjaga kebersihan kulit mulai dari rajin membersihkan wajah terutama sehabis bepergian dan pada malam hari sebelum tidur, menghindari melakukan pemencetan jerawat apalagi dengan menggunakan tangan yang kotor, menghindari memakan makanan yang tinggi lemak, dan menghindari debu. Untuk mendapatkan terapi yang paling tepat dengan kondisi anda silakan anda periksakan secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel terkait berikut:

    Jerawat Sering Muncul, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bintik Merah di Wajah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.