• saya mau tanya dok, di bagian leher saya ada putih2 seperti panu tapi bukan panu dok…
    terus tiba tiba muncul di bagian pinggang, saya pakain krim kalpanak tapi tidak hilang…
    bagaimana cara menghilangkanya dok…
    tolong di balas yah dok, terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik – bintik putih pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak selalu akibat panu. Gambaran klinisnya memiliki kemiripan satu sama lain. Berikut akan saya sampaikan beberapa penyebab bintik putih pada kulit antara lain:

    1. Pitiriasis versicolor atau biasa disebut panu. Penyakit ini disebabkan karena infeksi jamur. Gejala yang muncul berupa gatal, bintik putih, biasanya makin gatal saat keringat berlebih. Salah satu faktor pencetus penyakit ini selain keringat yang berlebihan juga akibat kebersihan kulit yang kurang terjaga.
    2. Pitiriasis alba. Gejala yang muncul juga berupa bintik – bintik putih. Bisa mengenai wajah dan bagian tubuh lainnya. Penyebabnya masih belum jelas, namun bukan karena jamur. Penyakit ini bisa sembuh sendiri.
    3. Morbus hansen atau kusta. Penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri. Gejala yang muncul juga bisa berupa bintik putih, namun umumnya pada lokasi bintik putih tersebut disertai hilangnya sensasi rasa.
    4. Penyebab lainnya

    Masing – masing penyakit di atas memiliki terapi yang berbeda. Gambaran klinis yang dimiliki oleh beberapa penyakit kulit sangat mirip sehingga ada baiknya diperiksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda sehingga dapat ditegakkan diagnosis dengan tepat. Kesalahan pengobatan seringkali memperberat dan memperluas keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik Putih di Kulit seperti Panu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.