• Dok, saya sudah pernah tanya tentang masalah ini sebelumnya. Saya baru sembuh dari demam, terus timbul bintik2 merah yang sakit saat ditekan, seperti kulit melepuh dan perih saat tergesek. Padahal di dalamnya ga ada air atau nanah, dan hari ini makin banyak dok. Sekarang sekitar 20an bintik bintik itu. Hanya 1 yang membesar sedikit. Apa penyebabnya ya dok? Dan bisa dibantu solusi untuk menyembuhkannya? Terima kasih dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik merah pada kulit yang terasa perih saat dipegang atau ditekan. Penyebab keluhan ini ada beberapa hal antara lain karena:

    1. Herpes zoster. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes zoster. Keluhan yang muncul diawali oleh demam diikuti munculnya ruam atau bintik – bintik merah pada kulit yang kelamaan bisa berubah menjadi bintik seperti kulit melepuh , yang disertai nyeri pada area sekitar bintik tersebut. Keluhan ini umumnya berlangsung hanya unilateral atau sesisi tubuh saja.
    2. Varicella atau cacar air juga bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih. Bintik merah bisa berubah menjadi bintik yang tampak seperti terisi air. Keluhan ini awalnya didahului oleh demam, nyeri sendi dan lain sebagainya.
    3. Dermatitis venenata akibat toksin serangga, gigitan serangga, air liur serangga dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih seperti melepuh.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik-bintik Kecil Setelah Demam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.