• Assalamu’alaekum dok di jari telunjuk saya tiba-tiba muncul bintik/benjolan putih yang berisi seperti air, yang cairannya itu sangat gatal dan jika saya menggaruknya malah semakin gatal dan dapat menular, dan sudah menular ke seluruh jari telunjuk dan jempol saya dok. Dan jika terkena deterjen atau sabun bahkan air saat mndi sangat perih dok seperti dia di makan oleh deterjen dok,, dan kalau selsai mencuci,, bintik/benjolan itu pecah dok,, tapi nanti kalau jari-jari saya sudah kering dia muncul lagi bintik/benjolan putih yg berisi cairan seperti air dan sangat gatal.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus. Com.

    Keluhan bintik putih merupakan salah satu keluhan penyakit kulit yang sering muncul. Keluhan ini bisa terjadi pada beberapa penyakit kulit sehingga sebenarnya butuh pemeriksaan yang lebih detail baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan bintik atau benjolan putih berisi air yang terasa gatal seperti yang anda rasakan, yaitu antara lain:

    1. Penyakit ini disebabkan oleh Sarcoptes scabei, yaitu semacam kutu yang menyerang kulit. Gejala yang muncul akibat penyakit ini berupa bintik – bintik berisi air yang sangat gatal bisa menyerang beberapa area tubuh terutama area dengan lapisan kulit yang tipis seperti sela – sela jari tangan, telapak tangan, namun juga bisa menyebar ke tempat lain termasuk ke daerah kelamin. Gatal terutama terjadi pada malam hari. Bintik umumnya berisi cairan berwarna bening namun jika terjadi infeksi sekunder maka bisa mengandung nanah. Penyakit ini sangat menular sehingga dalam satu keluarga atau yang tinggal serumah/ satu tempat tinggal biasanya juga mengalami keluhan yang sama.
    2. Infeksi jamur pada kulit bisa menyebabkan keluhan bercak atau bintik putih pada kulit yang terasa gatal. Biasanya gatal makin terasa saat berkeringat.
    3. Penyebab lainnya

    Silakan periksakan secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan yang diberikan berbeda – beda tergantung dari penyebab keluhan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik/benjolan Putih yang Sangat Gatal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.