• saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan luka bekas cacar yg bolong bolong di muka

    karna dulunya pas saya kena cacar tuh tak cuplikin korengnya tuh eh taunya berdarah terus skrng jadinya muka saya ada bolong bolong bekas luka cacar

    bagaimanakah menyembuhkannya ?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cacar air merupakan suatu penyakit yang menyerang kulit akibat infeksi virus varicela zoster. Gejala yang muncul selain demam adalah timbul bintik berisi air seperti tetesan embun yang lama kelamaan akan berubah menjadi krusta (keropeng) berwarna  coklat kehitaman  yang lama kelamaan akan lepas dengan sendirinya. Jika keropeng tidak sengaja atau memang sengaja dikelupaskan dengan paksaan maka akan menimbulkan bekas luka berupa scar hipotropik (kulit tampak bolong).

    Sebenarnya ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka berupa bolong di wajah atau bagian tubuh lainnya mulai dari cara yang paling sederhana seperti mengoleskan kulit yang berlubang dengan bahan – bahan alamiah seperti lidah buaya hingga minyak yang mengandung vitamin E. Namun biasanya cara – cara ini kurang efektif. Pengobatan lain yang bisa dianjurkan mulai dari chemical peeling, dermabrasi, laser, hingga tindakan operatif bisa dilakukan. Untuk memastikan pengobatan yang paling tepat sesuai kondisi anda saat ini, silakan anda periksakan diri secara langsung ke  dokter terutama dokter spesialis kulit.

    Berikut akan saya lampirkan juga beberapa artikel terkait yang membahas masalah seperti yang anda alami:

    Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

    Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Cacar Air

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisa Tidak Luka Bekas Cacar di Normal Kan Kembali seperti Dulu Sebelum Kena Caca

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.