• Dok bisul saya sudah smpai 2 bulan masih belum sembuh. Sudah pergi jumpa doktor dua kali dan diberi antibiotik dua kali juga namun belum sembuh smpai skrg. Nanah dan darah kotor juga sudah dipicit keluar. Tp bila saya hbs makan antibiotik bisul saya bernanah dan ada darah lg. Bagaimana itu doktr?

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bisul memang menjadi masalah yang sering dialami oleh beberapa individu. Bisul sendiri sebenarnya bukan penyakit berbahaya, namun memang sering menimbulkan keluhan tak nyaman bagi penderitanya. Penyebab bisul sendiri sebenarnya akibat infeksi yang biasanya disebabkan karena infeksi bakteri. Namun terkadang ada beberapa faktor resiko yang mencetuskan timbul dan berulangnya keluhan bisul. Berikut akan saya sampaikan beberapa faktor resiko pencetus bisul:

    1. Bagian tubuh yang lembab dan memiliki keringat berlebih.
    2. Bagian tubuh yang sering mendapat gesekan, misal ketiak
    3. Kebiasaan menggaruk berlebihan hingga menimbulkan luka
    4. Kebiasaan mencabuti rambut – rambut tubuh misal rambut kaki, rambut ketiak dan lain sebagainya.
    5. Kebersihan tubuh yang kurang terawat
    6. Faktor alergi juga mempermudah berulangnya keluhan bisul. Misal beberapa individu yang alergi terhadap makanan tertentu seperti makanan mengandung protein terlalu tinggi, seperti kacang – kacangan, putih telur, produk susu, dan lain sebagainya cenderung meningkatkan resiko berulangnya keluhan bisul.
    7. Dan lain sebagainya

    Untuk itu pengobatan yang paling tepat selain dengan pemberian obat – obatan seperti yang telah anda gunakan, juga dengan menghindari faktor resikonya. Mulailah dengan mengurangi menggunakan pakaian terlalu ketat dan tak menyerap keringat, kurangi gesekan di bagian tubuh tertentu, hindari mencabuti rambut – rambut tubuh apalagi dengan alat yang kurang bersih, dan jika ada riwayat alergi maka hindari paparan alergen.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisul Berulang Tak Kunjung Sembuh

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.