• Halo dok,salam kenal…nama saya meys

    mau nanya dok. kakak saya permepuan usia 45 thn, 1 thn terakhir menderita bisul berulang..sdh beberapa dokter di kunjungi dan diobati bisulnya tapi selalu berulang sampai hari ini. cek lab , ke dokter kulit dll sdh dilakukan.. dan hasilnya para dokter tdk bisa menemukan penyebab.. dan hanya bisa mengatakan infeksi berat. Tapi menurut kakak, bisulnya tdk spt kebanyakan bisul ..tumbuhnya di perut, di paha, kaki, punggung.. dan berganti tiap tumbuh 3 buah. Kami hopeless… mohon sarannya dok..kira2 harus bagaimana atau kemana…oh ya.. kakak saya tinggal di manado. Saya tunggu balasannya ya dok. Terima kasih sebelumnya.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bisul pada kulit biasanya disebabkan oleh karena infeksi mikroorganisme, terutama karena infeksi bakteri. Beberapa hal bisa menjadi faktor resiko yang menyebabkan bisul sering kambuh dan berulang yaitu antara lain karena kelembaban tubuh yang tinggi akibat keringat berlebih, gesekan atau trauma yang mengenai bagian tubuh tertentu, faktor alergi, kadar gula darah yang tinggi dan lain sebagainya.

    Kebersihan tubuh yang kurang terawat juga menjadi salah satu faktor pencetus, misalnya sering beraktivitas di daerah kotor namun jarang membersihkan atau membilas tubuhnya dengan sabun dan air bersih setelah selesai aktivitas. Faktor alergi juga dapat mencetuskan berulangnya keluhan bisul, misalnya seseorang yang alergi terhadap makanan tertentu seperti makanan mengandung protein terlalu tinggi, seperti kacang – kacangan, putih telur, produk susu, dan lain sebagainya cenderung memiliki resiko tinggi akan kejadian berulangnya keluhan bisul.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami secara tepat. Selain itu perlu juga pengukuran kadar gula darah pasien untuk memastikan kadar gula darah tidak tinggi. Sebab peningkatan kadar gula darah sering menyebabkan mudah terjadinya infeksi pada kulit salah satunya muncul bisul.

    Pengobatan bisul umumnya dengan pemberian obat – obatan, misal antibiotik untuk mengatasi bakteri, obat anti inflamasi untuk meredakan peradangan dan lain sebagainya. Jika bisul sangat besar hingga menimbulkan abses maka perlu pengeluaran nanah.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bisul Berulang, Bagaimana Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.