• dok, saya punya alkohol 70 udah 6 tahun gk kepake dan saya simpan di lemari terus, apakah masih aman di pakai buat ngebersihin  bisul ?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui apakah alkohol yang digunakan sebagai antiseptik masih bisa digunakan atau tidak harus dipastikan dari penyimpanannya, kemudian batas expirednya, dan lain sebagainya. Karena penyimpanan yang tidak baik misalnya dibiarkan terbuka, terkena panas dan lain sebagainya dapat merusak bahannya.

    Sebagai informasi untuk anda sebenarnya penggunaan alkohol untuk membersihkan bisul tidak dibutuhkan. Untuk mengatasi bisul bisa dilakukan pemberian obat – obatan misalnya dengan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab, obat penghilang nyeri dan anti inflamasi (anti peradangan) sebagai terapi simptomatik untuk menghilangkan gejala. Tidak perlu pengolesan antiseptik seperti alkohol pada kasus bisul.

    Perlu dicari tahu juga apa penyebab bisul tersebut. Jika bisul timbul karena kebersihan tubuh yang kurang terjaga maka ada baiknya anda mulai menjaga kebersihan diri, hindari luka pada kulit, dan lain sebagainya. Bisul merupakan salah satu penyakit kulit akibat infeksi bakteri yang bisa muncul di seluruh kulit di permukaan tubuh. Beberapa tempat yang sering timbul keluhan ini misalnya di ketiak akibat pencabutan bulu ketiak yang kurang bersih.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Obat Bisul Paling Ampuh di Apotik

    Sekiaj jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisul dan Alkohol

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.