• Assalamu’alaikum,, pk dokter saya mau tanya, bisul itu lebih baik di pecah kan dengan cara di pencet2 , atau lebih baik didiamkan saja, dan apa dampaknya jika bisul itu sendiri tidak dipecahkan,, terima kasih dok,, wassalamu’alikum

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bisul adalah penyakit peradangan pada kulit yang disebabkan oleh karena  infeksi mikroorganisme. Infeksi bakteri adalah penyebab tersering. Ada berbagai macam faktor resiko yang menyebabkan bisul sering kambuh yaitu antara lain karena kelembaban tubuh yang tinggi akibat keringat berlebih, gesekan atau trauma yang mengenai bagian tubuh tertentu, misalnya saja bisul pada ketiak. Kebersihan tubuh yang kurang terawat juga menjadi salah satu faktor pencetus, misalnya sering beraktivitas di daerah kotor namun jarang membersihkan atau membilas tubuhnya dengan sabun dan air bersih setelah selesai aktivitas. Faktor alergi juga dapat mencetuskan berulangnya keluhan bisul, misalnya seseorang yang alergi terhadap makanan tertentu seperti makanan mengandung protein terlalu tinggi, seperti kacang – kacangan, putih telur, produk susu, dan lain sebagainya cenderung memiliki resiko tinggi akan kejadian berulangnya keluhan bisul.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami secara tepat. Pengobatan bisul berbeda – beda, umumnya pengobatan hanya berupa terapi farmakologi yaitu dengan pemberian obat – obatan, misal antibiotik untuk mengatasi bakteri, obat anti inflamasi untuk meredakan peradangan dan lain sebagainya. Jika bisul sangat besar hingga menimbulkan abses maka perlu pengeluaran nanah, namun perlu menjaga kebersihan saat melakukan tindakan tersebut sehingga tidak menambah dan memperberat infeksi.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bisul Sebaiknya Dipecahkan (dipencet) atau Dibiarkan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.