• dok,mau tanya.apa boleh KB setelah hamil 1 minggu?
    pikirny anak udah banyak dokter,jadi KB aja supaya gak jd hamil,boleh gak tu dokter.trimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tentu tidak boleh. Jika seorang sedang hamil tidak boleh mengikuti program KB apapun karena beresiko bagi bayi dalam kandungan anda. Seharusnya jika tidak ingin hamil, KB dilakukan sebelumnya. KB yang dilakukan saat hamil bisa menimbulkan keguguran atau abortus. Keguguran ditandai dengan keluhan keluarnya darah dan janin dari kemaluan, nyeri perut mulai dari terasa ringan hingga berat dan lain sebagainya. Jika jaringan hasil pembuahan tidak keluar sepenuhnya dan tak mendapat penanganan yang tepat maka dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi lainnya bagi ibu.

    Selain keguguran (abortus), pemberian KB saat hamil juga bisa menimbulkan cacat janin. Janin terus berkembang namun akan mengganggu perkembangannya baik otak, ekstrimitas (tangan dan kaki) ataupun kegagalan perkembangan organ tubuh lainnya. Hal ini tentu merugikan dan memberikan dampak yang sangat buruk jika si bayi bisa dilahirkan. Bayangkan bahwa anak akan menderita akibat kecacatan yang dimilikinya.

    Hal – hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi anda, bukan hanya untuk anda sebagai orang tua namun juga bagi janin yang dikandung anda. Sebaiknya jika tidak menginginkan kehamilan, perlu persiapan sebelumnya dengan menggunakan alat kontrasepsi yang terbaik bagi kondisi anda, bisa dengan pil KB, KB suntik, implan, IUD atau spiral dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bolehkah Ikut KB Setelah Hamil 1 Minggu???

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.