• Dok saya baru terkena cacar pada umur 30th dan saya sedang menyusui anak saya masih umur 16bln, bagaimana agar tidak tertular…dan bagaimana cara mengobatinya agar cepet kering dan tidak berbekas?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Varicella atau cacar air adalah penyakit infeksi akibat virus varicella zoster yang umumnya menyerang kulit dan menimbulkan gejala klinis berupa demam, keluar bintik – bintik merah yang kemudian berubah menjadi lenting berisi air, keluhan ini biasanya disertai rasa gatal. Jika lenting pecah atau mengalami fase penyembuhan maka lenting berisi air ini berubah menjadi keropeng (krusta) berwarna coklat kehitaman. Penyakit ini memang termasuk penyakit menular yang ditularkan melalui droplet atau lewat udara. Sehingga memang rentan penularan pada orang yang sering kontak. Apalagi antara ibu dan anak yang memang sering sekali kontak.

    Ada beberapa upaya pencegahan penularan antara lain dengan pemberian vaksinasi varicella pada anak di atas 1 tahun.

    Waktu llenting air berubah menjadi keropeng antara 1 hingga 2 minggu. Untuk mempercepat penyembuhan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh anda dengan konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup serta minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar tak membekas maka lenting jangan digaruk serta keropeng jangan dikelupas hingga ia mengelupas dengan sendirinya. Pengobatan cacar air dengan pemberian obat anti virus, obat penghilang nyeri dan penurun panas serta obat anti histamin untuk mengurangi rasa gatal. Krim anti virus juga bisa diberikan pada lesi kulit.

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cacar Air pada Ibu Menyusui

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.