• Selamat pagi dok. Saya sudah terkena cacar kurang lebih 4 hari yang lalu dan saya sudah pergi ke dokter. Tetapi benjolan yang berisi air sama sekali belum kempes dan mengering dok. Demam saya juga datang lagi hari ini. Bintil yang berisi air sangat banyak dimuka saya dok tetapi warnanya bening dan tidak merah disampingnya. Umur saya 20 tahun dok dan ini baru pertama terkena cacar. Kira-kira apa penjelasannya ya dok kok bisa sampe banyak sekali bintilnya dimuka saya trus solusinya juga apa. Terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Cacar air atau disebut juga dengan varicela merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella herpes zoster dengan keluhan yang muncul berupa bentol atau lenting berisi air yang menyerupai tetesan embun. Keluhan ini awalnya didahului oleh demam baru kemudian diikuti munculnya lenting berisi air yang lama kelamaan akan mengering dan menimbulkan krusta berwarna coklat kehitaman. Lenting berisi air ini umumnya muncul di punggung, dada, lengan, tungkai, dan wajah serta bisa sampai kemaluan. Seperti halnya penyakit lain yang disebabkan oleh karena infeksi virus maka penyebaran lesi di kulit akibat cacar berhubungan dengan sistem imun. Artinya semakin baik sistem imun pasien maka penyebaran lesi tidak akan bertambah dan lebih cepat penyembuhannya. Namun jika daya tahan tubuh pasien rendah maka penyebaran akan makin luas serta makin lama perjalanan penyakitnya.

    Cacar air bisa sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan untuk cacar air sebenarnya hanya berupa terapi simptomatik untuk mengurangi gejala saja. Jika pasien demam maka bisa diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan demamnya. Obat anti histamin juga bisa diberikan untuk mengurangi gatal. Selain itu juga bisa diberikan pengobatan topikal misal berupa bedak salicil untuk mengurangi rasa gatal. Bedak hanya diberikan pada lenting yang belum pecah. Pemberian krim acyclovir juga perlu untuk lenting – lenting berisi air tersebut ataupun krim antibiotik jika ada infeksi sekunder. Agar tidak menimbulkan bekas cacar yang dalam maka usahakan tidak memecahkan ataupun menggaruk kulit yang memiliki lenting air.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cacar pada Usia Dewasa

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.