• Dok jempol kaki saya cantengan sekarang udah bernanah udh 4 hari sya menahan rsa skitnya ampun…   Nyut nyutan gak bisa tidur apa obatnya dok…

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Paronikia atau cantengan terjadi akibat adanya infeksi pada kuku dan jaringan lunak di sekitar kuku. Cantengan yang berlangsung cukup lama bisa menimbulkan nekrosis / kematian kuku. Infeksi yang terjadi umumnya karena bakteri meskipun bisa juga disebabkan oleh mikroorganisme lainnya. Gejala paronikia antara lain berupa  nyeri pada jaringan lunak sekitar kuku, kemerahan, bengkak, dan kadang disertai timbulnya pus (nanah), serta bisa menyebabkan kuku terlepas dari bantalannya.

    Cantengan sering kali berulang karena dicetuskan oleh beberapa kebiasaan yang kurang baik dari individu yang mengalaminya misal akibat kebiasaan menggigit kuku, sering memotong atau membersihkan kuku hingga terlalu dalam, penggunaan alat pembersih kuku kurang bersih, memakai sepatu atu alas kaki yang terlalu sempit, dan lain sebagainya. Selain pengobatan, maka perlu upaya untuk menghindari faktor resiko tersebut.

    Pengobatan bisa berupa pemberian antibiotik yang sesuai jika cantengan disebabkan oleh infeksi bakteri. Pemberian obat simptomatik juga diperlukan misal pemberian obat anti inflamasi dan analgetik untuk mengurangi peradangan dan juga nyeri, misal dengan paracetamol, asam mefenamat hingga pemberian kortikosteroid. Pasien juga perlu menghindari kebiasaan memotong dan membersihkan kuku terlalu dalam, hindari penggunaan alas kaki yang terlalu sempit serta beri povidon iodine pada daerah kuku yang terluka.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Cantengan Bernanah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.