• assalamu’alaikum dok saya paula ingin bertanya.
    dok ibu jari kaki saya cantengan udah 2 bulan tapi belum sembuh juga, cantengan nya itu keluar nanah dan darah kalau saya cium ibu jari kaki saya bau amis bahkan kulit disekitar ibu jari saya terkelopes dan itu menyebar dan bercak” bolong gitu dong sampai keluar nanah bening.
    itu cara ngobatinnya gimana ya dok?

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai paronikian. Keluhan ini muncul karena kuku dan jaringan lunak sekitar kuku mengalami infeksi, biasanya terjadi karena infeksi bakteri. Cantengan awalnya hanya berupa rasa nyeri di sekitar kulu namun lama kelamaan hingga bisa menimbulkan nekrosis / kematian kuku. Gejala umum paronikia antara lain adanya rasa nyeri pada jaringan lunak sekitar kuku, kemerahan (rubor), bengkak (edema), dan kadang disertai timbulnya pus (nanah). Lama kelamaan aka menyebabkan kuku mengalami kematian dan membuatnya terlepas dari bantalan kuku.

    Biasanya satu individu bisa mengalami beberapa kali kejadian cantengan. Berulangnya keluhan ini lebih disebabkan kesalahan pasien sendiri misalnya akibat kebiasaan menggigit kuku, sering memotong atau membersihkan kuku hingga terlalu dalam, penggunaan alat pembersih kuku kurang bersih, memakai sepatu atu alas kaki yang terlalu sempit, dan lain sebagainya.

    Pengobatan yang dilakukan ada beberapa cara. Namun yang terpenting adalah dengan menghindari faktor resiko tersebut. Pengobatan yang dilakukan bisa berupa pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab. Pemberian obat simptomatik juga diperlukan untuk meredakan keluhan pasien misalnya dengan pemberian obat anti inflamasi dan analgetik untuk mengurangi peradangan dan juga nyeri. Contoh obatnya adalah paracetamol, asam mefenamat hingga pemberian kortikosteroid. Pasien juga perlu menghindari kebiasaan memotong dan membersihkan kuku terlalu dalam, hindari penggunaan alas kaki yang terlalu sempit serta beri povidon iodine pada daerah kuku yang terluka. Jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter diketahui kuku pasien banyak yang mengalami nekrosis dan tak bisa dipertahankan maka ekstraksi kuku (pengangkatan kuku) bisa menjadi salah satu metode pengobatannya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    jadi minum antibiotik dan paracetamol ya dok?
    kan saya didaerah kukunya bengkak dok itu boleh makan telur atau nggak ya dok?.

Beranda Tanya Dokter Cantengan Mengeluarkan Darah dan Nanah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.