• Dok, saya mau tanya, saya cantengan di bagian jempol kaki baru 1 hari, sudah terasa sakit namun belum ada nanah yang keluar, apakah merendamnya dengan air hangat yang diberi garam dapat menyembuhkannya? Apa saya harus segera memeriksakannya ke dokter?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan merupakan salah satu permasalahan yang sering muncul pada kuku dan jaringan lunak sekitar kuku yang sering kali muncul akibat beberapa kebiasaan individu tersebut yang kurang baik, salah satunya adalah kebiasaan memotong kuku terlalu dalam. Kebiasaan ini menyebabkan jaringan lunak sekitar kuku luka dan memudahkan bakteri untuk masuk sehingga timbulah tanda –tanda peradangan mulai dari rasa nyeri, bengkak, kemerahan sekitar kuku.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan melakukan perendaman dengan air hangat yang bertujuan untuk mengurangi keluhan yang muncul. Beberapa ada yang menambahkan garam dan ini tak menjadi masalah. Namun cara ini tidak menghilangkan kuman penyebab yang terlanjur menginfeksi, namun hanya berfungsi untuk mengurangi keluhan bengkak dan nyeri saja. Perendaman juga tidak boleh terlalu sering dan lama karena malah dapat memperberat keluhan.

    Pemberian antibiotik merupakan terapi kausatif yang digunakan untuk menghilangkan kuman penyebab. Jika telah terbentuk abses, maka harus dilakukan sayatan / insisi untuk mengeluarkan nanah. Kalau kuku sudah terinfeksi dan menjadi rapuh maka kuku harus diekstraksi atau dilepas dari bantalan kukunya.

    Silakan anda memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu jika memang paronikia  atau cantengan memang telah terjadi.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Antibiotik apa untuk menyembuhkannya? Apakah amoxilin bisa?

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Penanganan Cantengan yang Baik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.