• ass. dok saya ian umur saya 20 tahun, saya ingin bertanya. Saya sakit cantengan yang keluar nanah dan darah saya kepuskesmas untuk berobat terus saya dikasih obat:

    • amoxicillin untuk 3hr
    • chlorpheniramine maleate untuk 2hr
    • dexamethasone untuk 2hr

    Trus saya disuruh pakai salep gentamicin tapi saya masih belum pakai salepnya trus obatnya sudah habis kata dokternya kalo obatnya sudah habis saya harus balik lg untuk cabut kuku.

    Pertanyaan saya kalo minum obat terus tanpa cabut kuku itu bisa sembuh atau tidak dok?
    apa ujung” harus dicabut juga? terimakasih atas sarannya dok.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan atau paronikia merupakan infeksi pada kuku dan jaringan lunak sekitar kuku. Gejala yang muncul mulai dari kemerahan, bengkak, rasa nyeri pada kuku, keluar nanah hingga darah pada daerah tersebut. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan paronikia yakni mulai dari pemberian antibiotik seperti yang anda konsumsi dan obat – obatan simptomatik untuk mengurangi gejala bengkak, nyeri dan kemerahan yang muncul. Namun tidak semua keadaan cantengan bisa diatasi dengan obat – obatan, harus diperhatikan apakah infeksi sudah meluas atau belum, apakah kuku masih kuat atau sudah rapuh dan keadaan lainnya. Jika infeksi sudah meluas dan kuku tidak bisa dipertahankan lagi maka perlu dilakukan tindakan ekstraksi atau pencabutan kuku, tidak bisa hanya dengan minum obat saja karena hal itu tidak akan memperbaiki keadaan kuku anda. Hal ini harus dilakukan karena kuku yang tidak bisa berfungsi lagi. Dengan pencabutan kuku, diharapakan dapat tumbuh kuku baru yang sehat dan terhindar dari infeksi.

    Untuk memastikan tindakan apa yang paling tepat untuk kondisi anda saat ini maka silakan periksakan kembali kondisi kuku anda ke dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Jempol Kaki Cantengan

    Cantengan Jempol Kaki

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cantengan Apakah Harus Dicabut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.