• Dok kuku saya cantengan,,kadang kalo saya ambil kuku nya sembuh,,tpi ini kuku sudah terlalu dalam jadi sulit untuk mengambil nya,,

    Bgaimna ya itu dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Paronikia merupakan infeksi pada kulit di sekitar kuku. Paronikia atau sering disebut juga dengan cantengan biasa terjadi pada beberapa individu dan kejadiannya sering berulang. Ini ada kaitannya dengan kebiasaan sehari – hari individu tersebut yang menyebabkan terjadinya luka pada kulit sekitar kuku, misalnya kebiasaan menggigit kuku, memotong kuku terlalu pendek hingga ke bagian kulit luar (kutikula), dan trauma lainnya. Paronikia bisa disebabkan infeksi jamur (misal Candida dan lain sebagainya) ataupun karena bakteri. Kedua infeksi tersebut juga kadang terjadi secara bersamaan.

    Oleh karena penyebab paronikia berbeda, maka pengobatannya pun tergantung dari penyebab keluhan tersebut. Jika karena infeksi bakteri, maka bisa diberikan antibiotik. Jika penyebab cantengan karena infeksi jamur, maka perlu diberikan obat anti jamur. Selain pengobatan kausatif dengan antibiotik ataupun anti jamur, maka perlu juga diberikan terapi simptomatik untuk mengurangi keluhan seperti obat analgetik dan anti inflamasi untuk mengurangi peradangan, misalnya asam mefenamat, kortikosteroid, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan. Jika peradangan sangat berat hingga menyebar ke kuku, maka juga bisa dilakukan drainase untuk mengeluarkan nanah serta dilakukan ekstraksi atau pencabutan kuku.

    Paronikia memiliki prognosis yang baik, artinya mudah sembuh dengan terapi yang tepat. Namun keluhan ini seringkali berulang jika pasien tidak memperbaiki kebiasaannya. Hindari memotong kuku terlalu dalam hingga melukai kutikula, hindari penggunaan alas kaki terlalu ketat, hindari kebiasaan menggigit kuku, jangan merendam tangan ataupun kaki terlalu lama, hindari pengguanaan alat pemotong kuku yang kurang bersih dan sebagainya.

    Untuk kondisi anda, ada baiknya melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jangan berusaha mengambil kuku yang menusuk terlalu dalam sendiri, karena seringkali malah memperberat keluhan cantengan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cantengan Kuku yang Pendek

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.