• Mau tanya dok, 3 hari yg lalu sy bli obat tetes telinga forumen di apotik utk mengencerkan kotoran telinga.. Karena sblmnya sy liburan ke pantai dan tak sengaja air laut masuk ke telinga sy namun di dlm telinga tdk terasa ada air laut yg masuk melainkan kotoran telinga sy yg spertinya terdorong masuk lbh dlm lg sehingga pendengaran sy berkurang dan terdengar sperti bunyi ngiiiinggg di telinga.. Sudah seminggu lbh sy mengalami hal ini.. Akhirnya sy putuskan bli obat forumen dan sy sdh cb pakai selama 2hr 2 malam berturut turut pada hr sabtu dan minggu kemarin dgn dosis 2 tetes tiap malam.. Namun sampai skrg blm ada hasil.. Tetapi di pagi hr sperti ad kotoran telinga yg tiba2 mencair dan kluar sendiri tp tetap saja telinga sy masih tertutup oleh kotoran.. Pertanyaan sy, dosis yg blh di pakai itu brp tetes ya dok? Karena di petunjuk pemakaian hanya pakai secukupnya.. Sy baca2 pengalaman orang bs pakai 5 tetes dlm sehari 3x selama 3 hari.. Kemudian di teteskan air hangat ke dlm telinga.. Saran dokter bagaimana ya dok tanpa harus cek ke THT.. Hehehee

    Terimakasih banyak dok…

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Yang harus dipastikan dari keluhan yang anda alami adalah tidak adanya infeksi pada telinga anda akibat kemasukan air laut tersebut. Karena jika terjadi infeksi maka tidak bisa ditangani dengan obat tetes yang berfungsi untuk mengecerkan serumen. Oleh karena itu saran saya periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail guna menegakkan diagnosis keluhan anda.

    Namun sebagai informasi, penggunaan obat tetes untuk mengencerkan serumen memang secukupnya, jika memang ada keluhan saja. Sehari bisa dilakukan 3 kali sebanyak 2 hingga 3 tetes per kali penetesan. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat menggunakan tetes telinga, yaitu antara lain:

    1. Cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air mengalir
    2. Pastikan kondisi ujung botol tetes telinga atau pipet tetes tidak rusak.
    3. Bersihkan telinga bagian luar dengan menggunakan air hangat atau kain lembab dengan hati-hati, setelah itu keringkan
    4. Hangatkan obat tetes telinga dengan memegang botol menggunakan tangan selama beberapa saat
    5. Kemudian kocok botol obat tetes telinga.
    6. Miringkan kepala sehingga telinga yang akan diberikan obat menghadap ke atas
    7. Teteskan obat sesuai dosis pada lubang telinga. Lalu pertahankan posisi kepala selama 2 hingga 3 menit.
    8. Kemudian tekan tragus (bagian depan telinga) agar obat dapat mencapai dasar saluran telinga.
    9. Setelah selesai meneteskan obat tetes telinga, pasang kembali tutup botol tetes telinga dengan rapat.
    10. Hindari atau jangan menyeka ataupun membilas ujung botol tetes telinga. Cuci tangan kembali dengan sabun.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih bnyk dok atas jawabannya.. Nanti mau sy coba praktekan kembali sesuai anjuran dokter..

    Untuk masalah telinga sy sepertinya bkn infeksi dok karna sy tdk merasa demam atau nyeri pada telinga hanya saja telinga terasa tertutup sehingga pendengaran berkurang..

    Untuk melakukan opsi ke 7 dan 8 selama 2-3 menit, bagaimana dok dalam meneteskan cairannya ke dlm telinga menggunakan pipet? Apakah pipet blh masuk dlm rongga telinga atau hanya di teteskan saja dr luar telinga? Karena berhubung sy ngekost dan melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.. Kemudian setelah melakukan opsi 7 dan 8 apakah telinga bagian dlm blh sy bersihkan menggunakan cotton bad dok? Dgn maksud agar kotoran yg telah mencair dpt terangkat..

    Terimakasih

    • Balasan ini diubah 6 bulan, 3 minggu yang lalu oleh  RyanAdiputra. Alasan: ada opsi yang kurang ditanyakan.

Beranda Tanya Dokter Cara Benar Menggunakan Obat Tetes Telinga Forumen

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.