• dokter anak saya berusia 2 tahun 4 bulan, pada rongga mulut dibagian lodah ada putih putih dan di bagian mulut bagian bawah juga ada putih putih seperti jamur, sebelumnya sudah diberikan obat mycostatin dan salep daktarin.. tapi jamurnya masih ada.. ada obat yang lain yang munkin bisanmembantu anak saya dok? 

    Thank you.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Yang pertama – tama harus dipastikan adalah apa yang menjadi penyebab dari bercak – bercak putih pada lidah dan rongga mulut anak. Sebagai informasi untuk anda, tidak semua bercak putih tersebut muncul karena infeksi jamur, namun bisa juga karena sebab lainnya misalnya karena bekas pajanan ASI atau pun susu formula yang digunakan anak atau bisa juga karena faktor alergi. Jika anak rutin meminum susu formula, maka anda harus merawat kebersihan mulut anak anda dengan cara membersihkan lidah, gigi, langit – langit mulut dan juga mukosa mulut lainnya dengan menggunakan kasa steril yang telah dibasahi dengan menggunakan air hangat. Hal ini penting untuk menyingkirkan sisa – sisa susu yang menempel pada rongga mulut anak anda sekaligus menghindari timbulnya kuman di mulut anak yang membuat timbulnya infeksi dan juga kerusakan gigi. Sisa susu yang menumpuk akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi jamur. Cara membersihkannya dengan cara membalut kasa pada 2 jari ibu lalu kemudian gunakan kedua jari itu untuk membersihkan lidah anak.  Selain itu bisa juga dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan gosokkan gigi hingga ke lidah anak.

    Oleh karena itu selain menggunakan obat, menjaga kebersihan mulut anak anda adalah hal yang terpenting. Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anak anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi kemungkinan penyebab.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Menghilangkan Jamur yang Bandel pada Lidah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.